Lezatnya Camilan Colenak

Lezatnya Camilan Colenak Bandung


Orang Sunda memang cukup ahli jika harus membuat nama makanan apalagi dengan singkatan-singkatan kata yang memang enak didengar di telinga. Dan salah satunya adalah colenak yangmeruapkan salah satu kuliner khas Bandung. Meski terdengar cukup lucu, namun jika berbicara mengenai rasa tentu saja sungguh enak dan lezat. Kelezatan dari Colenak ini bahkan sudah pernah diperkenalkan kepada pemimpin dunia dalam ajang Konferensi Asia Afrika 1955. Dan hal ini sudah terbukti cukup mengundangminat para pemimpin dunia tersebut

Singkong memang tumbuh cukup subur di daerah Jawa Barat. Tentu saja hal ini akan membuat Bandung memiliki banyak aneka olahan umbi kayu yang biasa disebut tatar Sunda. Salah satu yang cukup banyak ditemukan di Bandung dengan bahan singkong adalah tape singkong atau orang Sunda biasa menyebutnya sebagai peuyeum.

Peuyeum sendiri sangat lezat dan enak ketika dimakan langsung. Camilan yang didapatkan dari hasil fermentasi singkong tersebut memang menjadi salah satu kuliner yang menjadi salah satu kuliner khas Bandung dan juga daerah Sunda lainnya. Sementara Colenak sendiri merupakan camilan yang terbuat dari peuyeum. Sebelum Colenak muncul, tape singkong biasanay akan dibakar di atas wajan dan juga arang. Tape yang lembek tersebut akan mengeras disebabkan karamelisasi yang didapatkan dari kandungan alami gula tape.

Setelah selesai dibakar, peuyeum kemudian akan disiram menggunakan saus kinca atau juga air gula aren yang dicampur dengan kelapa parut. Meski di bagian luarnya akan garing, namun peuyeum bakar akan sangat lembut saat digigit. Colenak akan semkain nikmat ketika dicocol ke dalam saus kinca yang legit dan juga gurih. Cara memakan peuyeum yang dicocol ke saus sinca olahan ini yang kemudian dinamai Colenak yang memiliki kepanjangan dicocol enak. Perpaduan rasa tape yang asam dengan saus kinca yang manis membuat Colenak cukup banyak digemari.

Penjual colenak yang cukup terkenal hingga saat ini adalah Murdi Putra. Colenak yang dibuat oleh Murdi Putra sendiri sudah dikenal semenjak tahun 1939. Murdi Putra mampu mengangkat colenak yang biasa dinikmati oleh masyarakat kelas menengah ke bawah menjadi kuliner yang saat ini cukup banyak dinikmati para wisatawan. Murdi Putra mampu mempertahankan sensasi original yang bisa kita rasakan dengan tambahan beberapa variasi rasa di saus kincanya. Untuk yang tidak begitu suka rasa manis legit, anda bisa memilih rasa durian atau nangka. Warung Colenak Murdi Putra sendiri saat ini sudah cukup terkenal dan banyak yang mencarinya.

Jika anda berada di Bandung dan berniat untuk mengunjungi Murdi Putra, Anda bisa menuju ke Jalan Jendral Ahmad Yani No. 733. Colenak warisan dari Aki Murdi ini juga banyak ditemukan di beberapa super market di kota Paris Van Java.

Related Posts:

0 Response to "Lezatnya Camilan Colenak"

Post a Comment