Kue Carabikang



Kue Carabikang | Semakin majunya jaman, membuat masyarakat saat ini sudah dengan mudah mendapatkan akses ke berbagai daerah dan juga negara. Ternyata hal ini juga mempengaruhi area kuliner. Terjangan kuliner-kuliner khas luar negeri seperti steak, pizza, spaghetti, hingga makanan Asia Timur seperti sushi, takoyaki, ramen dari Jepang dan juga bulgogi, jajangmyun dari Korea bisa ditemui.

Namun ternyata kuliner dalam negeri tidak kalah menariknya. Bagi yang belum mengenal aneka jajanan menarik dari dalam negeri, bisa mencoba makanan ringan yang satu ini, carabikang. Carabikang adalah makanan ringan atau camilan manis yang sudah mendarah daging di masyarakat. Carabikang sendiri menjadi salah satu kuliner tradisional indonesia dengan harga yang murah meriah dengan rasa yang lezat ketika dinikmati selagi hangat. Makanan ini sendiri menjadi teman sejati saat menikmati teh di sore hari. Apalagi harganya sendiri relatif sangat murah dan juga terjangkau oleh berbagai kalangan.

Kue Carabikang


Untuk yang belum mengenal kuliner dan makanan ringan ini, carabikang sendiri merupakan makanan yang dibuat dari tepung beras dengan cara dimasak dan menggunakan santan serta diberi bumbu Seperti gula dengan tambahan sedikit tepung terigu serta pewarna makanan. Cara untuk membuat carabikang ini sendiri sangat mudah dan juga cepat. Langkah pertama dengan mencampurkan tepung beras dengan jumlah yang secukupnya serta ditambahkan santan  yang dimasak di atas api hingga nanti berwujud kental. Selanjutnya campurkan bahan yang sudah disebutkan seperti tepung terigu, gula pasir dan juga santan yang sudah selesai dimasak.

Langkah selanjutkan dengan menambahkan sisa santan yang terdapat di adonan dan aduk selama 30 menit. Ulangi proses menguleni ini dengan terus menuangkan sisa santan jika masih ada dan tunggu selama 1 jam. Selanjutnya adonan dibagi sesuai dengan jumlah pewarna makanan yang sudah disiapkan . Biasanya warna-warna dari pandan dan juga pewarna alami bisa digunakan di cemilan ini

Proses selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah seperti ketika membuat serabi. Tinggal menuangkan adonan dengan tinggi sekitar ¾ dari keseluruhan cetakan. Sebelumnya olesi cetakan dengan menggunakan margarin agar carabikang ini tidak lengket. Panggang adonan tersebut hingga matang. Bisa ditambahkan dengan sedikit garam agar memberikan rasa.

Carabikang ini memang memiliki tekstur yang bergelembung dan sangat mirip dengan bika ambon. Apalagi permukaannya cukup empuk dengan perpaduan rasa manis serta rasa gurih yang lezat dan nikmat. Selain dijual di beberapa kota termasuk Jogja, makanan ini sendiri menjadi salah satu kuliner kebanggan dalam negeri. Harga yang mudah dan juga ramah di kantong, membuat carabikang bisa menjadi teman untuk menikmati malam dan ditemani secangkir teh. Tentu saja ini membuktikan bahwa kuliner dalam negeri tidak ketinggalan dari kuliner luar negeri. Bukan hanya di Jogja, bahkan Bandung pun memiliki makanan ringan yang tidak kalah enak yakni Camilan Colenak.

Related Posts:

0 Response to "Kue Carabikang"

Post a Comment